Dalam kegiatan belajar mengajar terjadi interaksi yang bertujuan. Interaksi yang bertujuan itu disebabkan guru memaknainya dengan menciptakan lingkungan yang bernilai edukatif demi kepentingan siswa dalam belajar. Dalam mengajar, guru harus pandai menggunakan pendekatan secara arif dan bijaksana, bukan sembarangan yang bisa merugikan siswa. Maka penting meluruskan pandangan yang keliru dalam menilai siswa sebaiknya guru memandang siswa sebagai individu dengan segala perbedaan dalam pengajaran.
POKOK-POKOK PEMBAHASAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Psikologi pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku-tingkah laku yang terjadi dalam proses pendidikan. Pengertian tentang psikologi pendidikan akan lebih kontkret, apabila kita membahas tentang hal-hal apa saja yang dipelajari dalam psikologi pendidikan. Tiap-tiap buku yang membahas tentang psikologi berisikan pokok-pokok sajian yang berbeda-beda, namun inti isi penyajian tidak jauh berbeda.
Sejauh pengamatan penulis terhadap berbagai buku psikologi pendidikan, bahwa psikologi pendidikan meliput pokok-pokok pembahasan sebagai berikut :
Langganan:
Postingan (Atom)