Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Welcome to weblog LSM LISMIT

PENGERTIAN PENDEKATAN BELAJAR MENGAJAR

Selasa, 15 Januari 2013


Dalam kegiatan belajar mengajar terjadi interaksi yang bertujuan. Interaksi yang bertujuan itu disebabkan guru memaknainya dengan menciptakan lingkungan yang bernilai edukatif demi kepentingan siswa dalam belajar. Dalam mengajar, guru harus pandai menggunakan pendekatan secara arif dan bijaksana, bukan sembarangan yang bisa merugikan siswa. Maka penting meluruskan pandangan yang keliru dalam menilai siswa sebaiknya guru memandang siswa sebagai individu dengan segala perbedaan dalam pengajaran.

Pendekatan belajar mengajar merupakan cara pandang dan tindakan nyata yang dilakukan untuk memecahkan masalah belajar, sumber belajar, dan cara siswa belajar agar kompetensi dasar dapat dicapai siswa secara maksimal. Tugas dan peranan guru dalam pembentukan pola belajar mengajar di kelas bukan ditentukan oleh metodik “apa yang akan dipelajari” siswa, melainkan pada “siswa bisa apa”.

Macam-macam pendekatan belajar mengajar.

Secara umum menurut syaiful bahri Djamarah dan Aswan Dzain pendekatan yang sering digunakan dalm pengajaran meliputi : 1) pendekatan individual; 2) pendekatan kelompok; 3) pendekatan bervariasi; 4) pendekatan edukatif; 5) pendekatan pengalaman; 6) pendekatan pembisaan; 7) pendekatan emosional; 8) pendekatan rasional; 9) pendekatan fungsional; 10) pendekatan keagamaan; 11) pendekatan kebersamaan.

Ciri-ciri belajar mengajar.

Kegiatan belajar mengajar yang merupakan perpanduan kegiatan siswa yang melakukan kegiatan belajar serta guru yang melakukan kegiatan pengajaran. Keterpanduan dua aktivitas yang dilakukanguru dan murid pada waktu yang bersamaan tentunya memiliki ciri-ciri tersendiri. Adapun ciri-ciri belajar mengajar sebagai berikut :
  1. Belajar mengajar memiliki tujuan.
  2. Ada suatu prosedur.
  3. Kegiatan belajar mengajar ditandai dengan penggarapan materi yang khusus.
  4. Kegiatan belajar mengajar ditandai dengan pemberian pengalaman belajar kepada sisaw.
  5. Kegiatan belajar mengajar ditandai dengan pengembangan kecakapan hidup siswa.
  6. Dalam kegiatan belajar mengajar, guru berperan sebagai pembimbing.
  7. Ada batas waktu.
  8. Evaluasi.
Pengajaran merupakan pola atau cara yang ditetapkan sebagai penjabaran hasil kajian strategi. Teknik pengajaran merupakan cara atau teknik mengunakan alat-alat bantu mengajar dan cara-cara menerapkan metode mengajar tersebut.

2009. strategi belajar mengajar, jakarta: Diadit Media

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Ke Website Kami, Semoga Bermanfaat

#

Terima Kasih Sudah Berkunjung ke Website LSM LISMIT, Semoga Bermanfaat
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...