Dalam kegiatan belajar mengajar terjadi interaksi yang bertujuan. Interaksi yang bertujuan itu disebabkan guru memaknainya dengan menciptakan lingkungan yang bernilai edukatif demi kepentingan siswa dalam belajar. Dalam mengajar, guru harus pandai menggunakan pendekatan secara arif dan bijaksana, bukan sembarangan yang bisa merugikan siswa. Maka penting meluruskan pandangan yang keliru dalam menilai siswa sebaiknya guru memandang siswa sebagai individu dengan segala perbedaan dalam pengajaran.
Pendekatan belajar mengajar merupakan cara pandang dan tindakan nyata
yang dilakukan untuk memecahkan masalah belajar, sumber belajar, dan
cara siswa belajar agar kompetensi dasar dapat dicapai siswa secara
maksimal. Tugas dan peranan guru dalam pembentukan pola belajar mengajar
di kelas bukan ditentukan oleh metodik “apa yang akan dipelajari”
siswa, melainkan pada “siswa bisa apa”.
Macam-macam pendekatan belajar mengajar.
Secara umum menurut syaiful bahri Djamarah dan Aswan Dzain pendekatan
yang sering digunakan dalm pengajaran meliputi : 1) pendekatan
individual; 2) pendekatan kelompok; 3) pendekatan bervariasi; 4)
pendekatan edukatif; 5) pendekatan pengalaman; 6) pendekatan pembisaan;
7) pendekatan emosional; 8) pendekatan rasional; 9) pendekatan
fungsional; 10) pendekatan keagamaan; 11) pendekatan kebersamaan.
Ciri-ciri belajar mengajar.
Kegiatan belajar mengajar yang merupakan perpanduan kegiatan siswa
yang melakukan kegiatan belajar serta guru yang melakukan kegiatan
pengajaran. Keterpanduan dua aktivitas yang dilakukanguru dan murid pada
waktu yang bersamaan tentunya memiliki ciri-ciri tersendiri. Adapun
ciri-ciri belajar mengajar sebagai berikut :
- Belajar mengajar memiliki tujuan.
- Ada suatu prosedur.
- Kegiatan belajar mengajar ditandai dengan penggarapan materi yang khusus.
- Kegiatan belajar mengajar ditandai dengan pemberian pengalaman belajar kepada sisaw.
- Kegiatan belajar mengajar ditandai dengan pengembangan kecakapan hidup siswa.
- Dalam kegiatan belajar mengajar, guru berperan sebagai pembimbing.
- Ada batas waktu.
- Evaluasi.
Pengajaran merupakan pola atau cara yang ditetapkan sebagai
penjabaran hasil kajian strategi. Teknik pengajaran merupakan cara atau
teknik mengunakan alat-alat bantu mengajar dan cara-cara menerapkan
metode mengajar tersebut.
2009. strategi belajar mengajar, jakarta: Diadit Media
0 komentar:
Posting Komentar
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Ke Website Kami, Semoga Bermanfaat