Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Welcome to weblog LSM LISMIT

Jangan Asal Pilih Jurusan Kuliah

Kamis, 16 April 2015


Banyak hal yang dilakukan para lulusan SMA. Ada yang langsung kuliah karena mereka telah merencanakannya matang-matang saat masih SMA, ada yang masih merenung memikirkan mau kuliah dimana, dan lain-lain. Nah, ini ada tips supaya nggak salah atau Cuma ikut-ikutan teman, coba kita ikuti 10 pertimbangan  memilih jurusan kuliah, yuk !


 1. Apa yang jadi minat kita
Ini yang sering kali diabaikan oleh calon mahasiswa. Terkadang, kita jadi ikut-ikutan sama jurusan kuliah yang dipilih kebanyakkan teman-teman. Padahal, kita nggak terlalu tertarik di jurusan tersebut. Makanya, pertanyaan ini wajib kita tanyakan sama diri sendiri yaitu hal apa yang menjadi minat yang membuat kita bakal senang banget belajar saat kuliah.

2. Harus sesuai dengan Visi masa depan kita
Selain minat, kita juga perlu mengingat masa depan kita setelah lulus kuliah dan bekerja. Apakah kita bisa hidup (sukses cita-cita) dari pekerjaan tersebut?
Kalau kita berminat di suatu bidang tapi ternyata ke depannya minat itu nggak bisa menghidupi kita, maka kita harus mencari minat lain.

3. Cari Universitas bereputasi baik
Setelah mantap menentukan jurusan kuliah, sekarang waktunya mencari universitas yang punya reputasi baik untuk jurusan tersebut. Misal, kita memilih jurusan Ilmu Komunikasi, di universitas apa saja yang bisa memberikan pembelajaran yang baik, koneksi dengan perusahaan terbaik dibidangnya dan juga nama universitas yang baik untuk surat lamaran kerja kita di kemudian hari.

4. Pekerjaan apa yang dinilai sebagai sebuah kesuksesan
Gampangnya, pikirkan satu sosok atau tokoh yang menurut kita sudah memperoleh kesuksesan dalam karir. Dan, kita ingin menjadi sosok itu. Misal, kita merasa pekerjaan sebagai dokter itu melelahkan tapi bisa menyembuhkan orang sakit. Kita pun jadi pengen bekerja di profesi itu.

5. Berapa harga kuliah di jurusan tersebut
Nah, ini juga pertimbangan yang nggak kalah penting. Kira-kira berapa uang yang bakal kita keluarkan untuk kuliah di jurusan tersebut. Apakah harga yang bakal dikeluarkan akan melebihi budget kuliah kita? Pikirkan juga hal-hal lain yang mungkin mempengaruhi penambahan uang kuliah kita, missal harus membeli Laptop, membeli keperluan lain yang berhubungan dengan pelajaran kuliah.

6. Bagaimana cara kita membiayai kuliah
Selain dari orang tua, apakah ada cara lain untuk membiayai kuliah kita. Berhubungan dengan poin 5, kita bisa mengandalkan hal-hal lain jika merasa biaya kuliah kita melebihi budget. Contoh, kita bisa mencoba ikut beasiswa yang dapat meringankan beban biaya kuliah. (kalau kepilih dapat beasiswa. pen)

7. Kuliah sambil bekerja
Nah.. kalau kita udah mulai berpikir untuk berkuliah sambil bekerja, ini jadi pertimbangan sebelum kita memutuskan berkuliah di jurusan tertentu. Pikirkan, apakah jurusan kuliah ini memberikan tugas-tugas berat sehingga kita sulit mengatur waktu antara kuliah dan kerja. Atau, jurusan kuliah ini cukup memberikan kita waktu luang untuk jadi guru les privat mungkin, dan sebagainya.

8. Konsultasi sama Senior
Kita bisa kepo siapa kakak kelas kita yang ternyata mengambil kuliah di jurusan yang kita minati. Nah, kita bisa Tanya-tanya bagaimana pengalaman berkuliah di jurusan tersebut. Apa saja yang bakal kita pelajari dari jurusan tersebut. Kita bahkan juga bisa kepo gimana lingkungan sosialnya. Siapa tahu tiap jurusan punya kebiasaan sosial yang berbeda,,. Hehehe…

9. Pilihan Profesi dan Karier dari jurusan yang dipilih
Ini poin yang enggak kalah penting. Kita waijb mencari tahu profesi apa saja dari jurusan tersebut. Apakah pilihan profesi itu sesuai dengan minat, cita-cita, impian, dan juga financial yang kita harapkan saat bekerja?

10. Program Menarik yang ditawarkan Kampus
Selain memilih universitas dengan reputasi baik, kita juga bisa melihat program menarik apa saja yang ditawarkan  yang mungkin bisa menambah pengalaman kita. Misalnya, program magang yang ditawarkan, fasilitas kampus yang bisa menunjang pembelajaran kita dan sebagainya. (kawanku.com/tribunjabar,300315)


0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Ke Website Kami, Semoga Bermanfaat

#

Terima Kasih Sudah Berkunjung ke Website LSM LISMIT, Semoga Bermanfaat
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...