Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Welcome to website LSM LISMIT

POKOK-POKOK PEMBAHASAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Selasa, 15 Januari 2013

Psikologi pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku-tingkah  laku yang terjadi dalam proses pendidikan. Pengertian tentang psikologi pendidikan akan lebih kontkret, apabila kita membahas tentang hal-hal apa saja yang dipelajari dalam psikologi pendidikan. Tiap-tiap buku yang membahas tentang psikologi berisikan pokok-pokok sajian yang berbeda-beda, namun inti isi penyajian tidak jauh berbeda.

Sejauh pengamatan penulis terhadap berbagai buku psikologi pendidikan, bahwa psikologi pendidikan meliput pokok-pokok pembahasan sebagai berikut :

1.    Pengetahuan tentang ‘ psikologi pendidikan ‘
2.    Pentingnya psikologi pendidikan.
3.    Hereditas
4.    Lingkungan fisiologis.
5.    Pertumbuhan dan perkembangan.
6.    Sifat dan hakikat kejiwaan manusia.
7.    Proses-proses tingkah laku.
8.    Hakikat dan ruang lingkup belajar.
9.    Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar.
10.    Prisis-prisis dan teori-teori belajar.
11.    Pengukuran dan evaluasi hasis belajar.
12.    Transfer belajar/latihan.
13.    Teknik-teknik pengukuran dan evaluasi.
14.    Statistik dasr.
15.    Kesehatan mental
16.    Pendidikan watak.
17.    Apabila psikologi pendidikan dalam metodologi pengajaran modern.
 

Dari sejumlah pokok pembahasan psikologi pendidikan yang dikemukan di atas, ternyata perihal belajar menjadi sental pembahasan dalam psikologi pendidikan. Hal ini di sebabkan, karenabelajar mengajar merupakan perilaku inti dalam proses pendidikan di mana anak didik dan pendidik berinteraksi. Interaksi belajar mengajar ditunjang oleh beberapa faktor lain dalam pendidikan, antara lain: tujuan pendidikan, pendidik, anak didik, alat dan fasilitas pendidikan, metode mengajar, materi pelajaran, dan lingkungan. Psikologi pendidikan berusaha untuk mewujudkan tindakan psikologi yang tetap di dalam interaksi antara setiap faktor pendidikan tersebut.
Inti persoalan psikologi dalam proses pendidikan adalah terletak pada anak didik, sebab pendidikan pada hakikatnya adalah pelayanan bagi anak didik. Agar pelayanan itu mengubah tingkah laku anak didik ke arah perkambangan pribadi yang optimal, maka pelayanan itu hendaknya sesuai dengan sifat dan hakikat anak didik. Hal ini merupakan inti pembahasan dari psikologi pendidikan

soemante wasty.2006.psikologi pendidikan,jakarta:Rineka Cipta

0 komentar:

Poskan Komentar

Pengunjung yang Baik selalu Meninggalkan Komentar
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Ke Weblog Kami

Daftar Isi

Tempat Silaturahim

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...