Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Welcome to weblog LSM LISMIT

Dialog Ringan dengan Sajadah

Senin, 04 April 2011

Dimana kamu sekarang, wahai hamba Allah...?
Dialog ini, sekedar sebuah renungan untuk kita ambil pelajaran dan hikmah yang terkandung di dalamnya. Suatu malam di musim dingin, ia tertidur... karena kelelahan selepas kerja, ia rebahkan tubuhnya di atas kasur dan akhirnya tertidur pulas. Menjelang subuh, ia terbangun karena rasa haus yang menyerang kerongkongan. Segera ia mengambil air dingin untuk menghilangkan rasa dahaga. Namun, tiba-tiba terdengar rintihan suara dari arah kamar belakang. Ia palingkan pandangan ke sekeliling, rintihan suara itu menghilang...


Ia jalan lagi mengambil air minum.
Setelah hilang rasa dahaga dan hendak kembali ke kamar, rintihan suara itu datang lagi.Rintihan kali ini sangat keras, seperti suara orang menangis. Ia berjalan pelan-pelan sambil merunduk, mencari arah asal rintihan suara itu. Suara itu berasal dari sebuah sajadah. Ia pegang sajadah yang ada di kamar belakang... tiba-tiba rintihan itu langsung berhenti. "Kamukah yang merintih-rintih barusan," tanyanya asal kepada sajadah.

"Ya," jawab sajadah.
"Kenapa?"
"Rasa dahaga mu telah membuat mu bangun. Kemudian kamu bisa minum sampai puas. Sedangkan saya... saya haus. Saya perlu air untuk menghilangkan rasa dahaga, tetapi saya tidak menemukan air."
"Aku ambilkan air?"
"Tidak, bukan air itu yang saya butuhkan. Yang saya butuhkan adalah tetesan air mata orang-orang yang bertaubat."
"Dari mana aku bisa mendapatkan air itu?"
"Itulah yang menyebabkan saya merintih dan menangis. Bangunlah, wahai hamba Allah. Shalatlah dua rakaat di kegelapan malam supaya bisa menerangi tempat mu di alam kubur nanti. Balasan itu tergantung dari perbuatan yang telah di lakukan. Waktu malam tinggal beberapa saat. Sebentar lagi azan subuh akan berkumandang.
Shalatlah, wahai hamba Allah."

"Diam... jangan menyuruhku."
"Wahai hamba Allah... bangunlah dan kerjakanlah shalat Subuh karena ia bisa memberimu ketenangan dan ketentraman jiwa.... Waktu azan telah tiba. Shalat itu lebih baik daripada tidur... Shalat itu lebih baik daripada tidur...
Siang dan malam kau selalu memenuhi nafsu duniawi, sementara panggilan Allah Yang Mahaperkasa tak kau hiraukan..."

"Diam kau, Sajadah... biarkan aku meneruskan tidurku. Kamu sudah tau kerjaanku setiap hari. Aku selalu pulang ke rumah dalam kondisi capai dan lelah."
Tanpa ia hiraukan, ia mengambil selimut dan tidur lagi. Ia betul-betul merasakan kehangatan dan pasrah, tunduk pada rasa kantuk yang menyelimuti.
"Wahai hamba Allah, adilkah kamu, memberikan porsi kepada hal duniawi yang fana lebih besar daripada yang kamu berikan kepada kenikmatan akhirat yang kekal?"
"Diaaammm kau, sajadah!!" teriaknya jengkel, "Please... jangan ganggu aku. Aku sangat lelah. Aku ingin tidur." Sajadah terdiam sejenak, jengkel... lalu dengan suara lirih, "Celaka, wahai hamba Allah..." bukankah kau mendengar sabda Nabi Saw.,
"Bahwa tidak akan tersentuh oleh api neraka orang yang mengerjakan shalat sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam matahari, maksudnya shalat Subuh dan Ashar."
"Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (subuh dan ashar) maka ia masuk surga."
"Tak ada waktu shalat yang paling berat bagi orang-orang munafiq selain Subuh dan Ashar... seandainya mereka mengetahui kenikmatan dua waktu itu pasti akan cepat-cepat mengerjakannya."

Mendengar ucapan sajadah, ia terbangun dari kelalaian, "Benar kau sajadah, shalat sangat penting..."

"Kalau begitu, bangunlah, wahai hamba Allah... bangunlah."
"Begini saja, aku akan mulai shalat besok... tolong biarkan untuk hari ini... aku ingin melanjutkan tidurku."

Sajadah bersedih, "Barangsiapa yang tidak tahu besarnya pahala sebuah perbuatan, maka dalam kondisi apapun ia akan merasa berat. Besok... kamu akan tidur panjang di liang kubur, wahai hamba Allah! ingatlah ucapanku dan nasihatku ini." Sang sajadah pun meninggalkan hamba Allah itu tidur pulas.

***************************

Ternyata, tidurnya malam itu merupakan tidur terpanjang dalam sejarah hidupnya. Allah telah mencabut nyawa nya.

Sebelum meninggalkan hamba Allah yang durhaka itu, sajadah sempat melantunkan syairnya;

Wahai orang yang suka menunda taubat
Yang terlalu yakin besok masih hidup
Seseorang hanya mampu berangan-angan
Ajal manusia telah setia menanti
Umur kehidupanmu ada batsnya
Mungkin sekarang merupakan hari terakhirmu.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Ke Website Kami, Semoga Bermanfaat

#

Terima Kasih Sudah Berkunjung ke Website LSM LISMIT, Semoga Bermanfaat
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...